Cara Menurunkan Panas Bayi Secara Alami Ala Mama Pintar

Bayi dan anak balita memang masih sangat mudah mengalami gangguan pada tubuhnya. ganggu yang paling sering terjadi adalah demam atau panas. Bisa jadi tanpa sebab yang jelas anak tiba-tiba demam dan suhu tubuhnya naik. Kalau sudah begitu pastinya akan membuat panik orang tuanya. Tapi bagi mama pintar mengatasi anak demam bisa dilakukan dengan cara alami di rumah sebagai pertolongan pertama.

Jangan dulu panik lalu buru-buru membawa anak ke klinik saat mereka demam tapi lakukan dulu pertolongan pertama untuk mereka. Inilah hal yang bisa dilakukan untuk menurunkan demam anak secara alami di rumah.

Mama Pintar
Mama Pintar

Cara Alami Menurunkan Demam Pada Anak

Lakukan Kompres

Kompres sudah menjadi cara yang sering dilakukan orang untuk menurunkan suhu tubuh dan mengurangi demam. Anda juga bisa lakukan hal yang sama ketika si kecil tiba-tiba demam. Caranya adalah ketika anak sedang tidur kompreslah bagian dahinya dengan menggunakan lap basah. 

Kompres juga bisa diletakkan pada bagian ketiak dan lipatan paha pada anak. Gunakan air hangat agar tubuh anak merespon dengan menurunkan suhunya sehingga demamnya bisa berkurang.

Basuh atau Mandikan dengan Air Hangat

Cara yang bisa dilakukan mama pintar untuk menurunkan demam pada anak adalah dengan memandikan mereka menggunakan air hangat suam-suam kuku. Kalau tidak memungkinkan mandi setidaknya basuhlah badan si kecil. Jangan mandikan si kecil dengan air dingin karena bisa membuat tubuhnya menjadi lebih panas sebagai reaksi atas stimulasi dari luar.

Berikan Minum yang Banyak

Saat anak demam jangan lupa berikan asupan cairan yang banyak pada mereka agar tidak mengalami dehidrasi. Jenis cairan terbaik yang bisa diberikan oleh mama pintar misalnya adalah ASI atau bisa juga dengan susu formula. Selain mencukupi kebutuhan cairannya pastikan juga si kecil tetap mendapatkan gizi yang seimbang dari makanan. 

Kenakan Baju yang Tipis

Kesalahan yang sering dilakukan orang tua adalah memakaikan baju yang hangat bahkan berlapis-lapis saat si kecil panas. Ini salah karena justru akan memperparah kondisinya. Pakaian baju yang tipis saja agar sirkulasi tubuhnya lancar dan tambahkan selimut jika si kecil merasa kedinginan.