Memilih Susu Pertumbuhan Anak Berdasarkan Nutrisi

Tidak sedikit orang tua khususnya para ibu yang merasa bingung dalam memilih susu pertumbuhan anak mereka. Alasannya beragam mulai dari kebingungan dalam memilih jenis susu, rasa susu dan cocok tidaknya pada anak saat dikonsumsi. Untuk yang terakhir ini memang banyak anak yang masih rentan dengan kandungan susu saat meminumnya seperti alergi susu sapi misalnya. Oleh sebab itu sangat disarankan agar melakukan konsultasi kepada dokter guna mendapatkan penjelasan medis agar tidak menimbulkan resiko lebih lanjut.

Nah, bagi anak yang tidak mengalami masalah sama sekali dengan susu maka ada baiknya bunda memperhitungkan nutrisi yang ada pada susu. Adapun pertimbangan susu ini sangat dipengaruhi dengan usia anak, jenis kelamin, aktifitas serta kendala apa yang dihadapi. Misalnya saja, si kecil sulit makan maka sebaiknya pilihlah susu anak yang mampu memberikan pengganti dikarenakan kurangnya asupan dari makanan yang disantap sehari hari.

susu pertumbuhan anak
susu pertumbuhan anak

Atau, jika si kecil mengalami berat badan yang kurang maka sebaiknya pilihlah susu yang memang diformulasikan untuk menaikkan berat badan. Biasanya, kandungan yang ada pada susu pertumbuhan anak untuk kebutuhan ini mengandung lemak yang cukup tinggi. Sebaliknya, anak berusia 5 tahun keatas justru mengandung lemak yang rendah karena pertumbuhan lemak itu sendiri sudah diproduksi oleh tubuh.

Selain itu, mempertimbangan jenis susu yang akan dikonsumsi setiap hari adalah varian rasa. Di pasaran sendiri jenis susu dengan berbagai rasa tidaklah banyak seperti rasa coklat, vanilla dan madu. Jika pun ada rasa strawberry biasanya dalam bentuk cair bukan bubuk. Nah, pastikan bunda memilih mana yang menjadi kesukaan si kecil agar tidak terkesan memaksa untuk diminum. Apalagi, bagi anak yang sulit minum susu.

Oh ya, perlu juga diketahui bahwa varian rasa ini menggunakan penguat rasa alias bukan rasa asli. Susu rasa strawberry misalnya menggunakan perasa buatan dan bukan buah asli. Begitu juga dengan rasa coklat. Jadi, sesuaikan dengan pilihan ya bunda. Satu lagi, pilihlah susu yang mengandung gula cukup sedikit atau kalau bisa menggunakan susu segar.