Cara Penentuan Universitas Terbaik

Universitas Terbaik
05 Oct
2017

Ada banyak cara atau teknik yang dilakukan untuk menentukan universitas terbaik di setiap negara dan di dunia. Tiga cara perengkingan universitas itu adalah ARWU (Academic Ranking World University), THES (The Times Higher Education Supplement), dan yang paling terkenal yaitu Webometrics.

Webometrics yang paling terkenal karena menentukan universitas terbaik nya melalui eksebilitas dan efektifitas suatu situs universitas, publikasi jurna – jurnal, dan konektifitas di dunia internasional melalui internet.  Kuncinya dengan memperbanyak konten – konten yang sering di bagikan di internet dan diindeks di mesin pencari.

Ada beberapa faktor yang menunjang penilaian rengking suatu universitas yaitu visibility, size, scholar, dan rich files. Faktor yang pertama yaitu visibility atau jumlah tautan eksternal yang di terima dan di unggah lagi di situs lain. Pengaruh visibility ini sangat besar yaitu sebesar 50%.

Hasil nya akan dinormalisasi dan dipadukan dengan faktor – faktor lain untuk menentukan pringkat. Faktor yang kedua yaitu size atau jumlah halaman yang dapat ditemukan mesin pencari google, yahoo, live search, dan exalead. Size ini mempengaruhi penentuan rengking sebesar 20%.

Faktor yang ketiga yaitu rich files, merupakan dile – file universitas dengan format file layak masuk ke penilaian seperti adobe acrobat (.pdf), adobe postscript (.ps), microsoft word (.doc), dll. File – file tersebut digabungkan untuk setiap jenis – jenis berkas atau file.

Faktor yang terakhir dalam menentukan perengkingan universitas berdasarkan yaitu scholar. Banyaknya file yang yang di unduh dari google scholar. Google scholar menyediakan tulisan – tulisan atau kutipan – kutipan yang berasal dari tulisan akademik.

Selain empat hal itu yang memperngaruhi yaitu jumlah alumni yeng mendapatkan penghargaan – penghargaan seperti mendapatkan nobel berbagai bidang berdasarkan tahun mendapatkan nobel. Semakin lama tahunnya maka bobot yang diberikan juga semakin kecil.

Penghargaan nobel staf universitas mendapatkan bobot sama seperti alumni – alumni universitas tersebut. Beberapa hal lain yang menjadi salah satu penilaian yaitu kualitas penelitian, kualitas pengajaran, pendangan internasional, dan kesiapan kerja lulusan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *